Home » Info Nasa » Aplikasi Produk Nasa Untuk Budidaya Ikan Patin

Aplikasi Produk Nasa Untuk Budidaya Ikan Patin

Produk Nasa Untuk Budidaya Ikan Patin

Peluang usaha Budidaya Ikan Patin dapat dilakukan dalam dua bidang kegiatan yaitu kegiatan pembenihan dan kegiatan pembesaran ikan patin sebagai ikan konsumsi. Nah, kali ini akan dibahas cara penggunaan produk nasa untuk budidaya dan pembesaran ikan patin dengan didukung aplikasi produk pupuk khusus Perikanan dan nutrisi atau suplemen organik dari PT. Natural Nusantara.

Produk PT. Natural Nusantara dibuat dari bahan-bahan organik yang kaya manfaat dan sudah banyak terbukti mampu meningkatkan produksi dan mempercepat budidaya perikanan, khususnya budidaya ikan patin.

Budidaya ikan patin dalam kategori pembesaran biasanya dilakukan saat bibit ikan patin memiliki berat 8-12 gram/ekor. Dan setelah umur 6 bulan dapat mencapai 600-700 gram/ekor. Dengan aplikasi produk Nasa berupa VITERNA, POC NASA, HORMONIK, dan TON sejak dari awal budidaya hingga panen, terbukti mampu mempercepat masa budidaya ikan patin tersebut dan meningkatkan kualitas hasil panennya.

Penggunaan Produk Nasa Untuk Meningkatkan Masa Panen Ikan Patin

Pemberian produk nasa untuk ikan patin diantaranya sebagai berikut :

1. Pemupukan pada kolam yang akan di jadikan tempat pembesaran ikan patin

  • Pada kolam lumpur idealnya perlu dilakukan pemupukan sebelum ikan patin ditebarkan. Pemupukan kolam bertujuan untuk meningkatkan makanan alami dan produktivitas kolam, yaitu dengan cara merangsang pertumbuhan makanan alami sebanyak-banyaknya. Pemakaian Produk Nasa berupa TON ditambah 50% pupuk kimia dasar yang biasa di gunakan.
  • TON di tebarkan di saat proses pengeringan air kolam, lalu setelah 3-5 hari masukkan air setinggi 5 – 10 cm, kemudian endapkan selama 1 minggu.
  • Setelah 1 minggu tambahkan air menjadi 30 cm dan selanjutnya masukkan ke dalamnya POC NASA. Biarkan selama 3 hari.
  • Kolam siap di masukkan benih ikan.

2. Pemberian Pakan untuk ikan patin

  • Faktor yang cukup menentukan dalam budidaya ikan patin adalah faktor pemberia makanan. Faktor makanan yang berpengaruh terhadap keberhasilan budi daya ikan patin adalah dari aspek  kandungan gizinya, jumlah dan frekuensi pemberin makanan.
  • Pemberian makan dilakukan 2 kali sehari (pagi dan sore) dengan ditambahkan Produk Nasa yang berupa VITERNA + POC NASA + HORMONIK. Untuk pemberian Pakan + Produk Nasa disaat pagi hari saja. Jumlah makanan yang diberikan per hari sebanyak 3-5% dari jumlah berat badan ikan peliharaan.
  • Jumlah makanan selalu berubah setiap bulan, sesuai dengan kenaikan berat badan ikan. Hal ini dapat diketahui dengan cara menimbangnya 5-10 ekor ikan contoh yang diambil dari ikan yang dipelihara (sampel).
  • Pakan yang diberikan adalah pelet dan bisa ditambahkan makanan alami lainnya seperti kerang, keong emas, bekicot, ikan sisa, sisa dapur dan lain-lain. Makanan alami yang diperoleh dari lingkungan selain mengandung protein tinggi juga menghemat biaya pemeliharaan.

Demikian cara penggunaan Produk Nasa untuk budidaya ikan patin semoga bermanfaat untuk Anda. Dan dapatkan Produk Vitamin Ternak untuk meningkatkan hasil panen ikan nila hanya di Mitra Nasa !!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *