Home » Tanya Jawab » Hama & Penyakit » Hama & Penyakit Tanaman Padi

Hama & Penyakit Tanaman Padi

Hama Dan Penyakit Tanaman Padi

Pertanyaan Jawaban
Cara mengantisipasi padi yang kena hama merah, padinya kayak terbakar itu ? Padi bpk kena jamur. Sebaiknya dengan mengatur jarak tanam lbh lebar, dan antisipasi dengan pengocoran glio. Jika sudah terjadi serangan berat silahkan pakai fungisida kimia.
Begini pak di tempat tsb banyak tanaman padi terserang hama yang namanya hama merah mulai dr bawah padi itu lama lama merah dan dengan produk hama apa yg harus berikan agar cepat teratasi, makasih sebelumnya. Kelihatanya terkena serangan penyakit busuk daun bakteri atau hawar daun bakteri atau kemungkinan kena penyakit tungro yang ditularkan lewat hama wereng hijau. Bisa digunakan GLIO atau PESTONA atau BVR secara selang-seling tiap minggu sekali. Untuk GLIO dan BVR bisa dicampur jadi satu tapi PESTONA jangan dicampur.
Dengan produk apa NASA memberi solusi pada tanaman padi yg terkena sundep dan daunnya menguning trus kering ? Melihat gejalanya disebabkan oleh penggerek batang padi, jika masih fase vegetatif (pertumbuhan) gejalanya disebut sundep, batang padi dicabut mudah dan jika sudah terbentuk malai disebut beluk, malai hampa. Gunakan Natural BVR sejak di pembibitan, kemudian semprot tiap minggu sekali setelah tanam dengan PESTONA dan BVR secara selang-seling.
Selamat pagi, kalau padi umur 70 hari, dan dari awal belum pakai produk NASA, tetapi umur 70 hari petani ingin pakai anti hama nasa untuk pencegahan seperti kresek, ulat, dll pakai apa yak pak Agus? Pakai PESTONA + AERO atau BVR untuk pencegahan walang sangit, kepik, dll.
Semangat pagi Pak, kemarin saya nyemprot walang sangit pakai BVR, tapi udah 3 hari kok belum ada reaksi, Cuma daun padi yang kuning jadi hijau. Berapa lama biasa BVR nampak reaksi, 1 kotak saya gunakan 4 tangki BVR adalah mahkluk hidup dari jamur yang butuh proses dalam menyerang hama sasaran. Hal ini sangat dipengaruhi oleh radiasi sinar matahari, tingkat kekebalan hama, kelembaban dan cara aplikasi serta tangki yang digunakan. Secara normal BVR bisa berkecambah 2 jam setelah aplikasi dan mulai bereaksi 2-3 hari sudah mulai terlihat gejala serangan dan 7-10 hari hama sasaran udah mati karena ditumbuhi spora jamur BVR warna putih.
Maaf sekali satu lagi buah padi putih kapas tidak berisi tapi daun dan batang hijau apa penyebabnya, solusinya bagaimana, sebelum dan sesudahnya trima kasih. Bisa terlalu banyak N, kurang unsur K atau kena penggerek batang. Kalau baru terbentuk malai bisa dipupuk KCl + POWER NUTRITION, tapai kalau malai dah penuh ya dibiarkan saja sampai panen.
Maaf Pak, mau tanya kalau sudah berbuah padi/apa saja, apa boleh disemprot PST, agen hayati/pestisida Boleh, untuk pencegahan walang sangit, pakai aja PESTONA atau BVR

Demikian Tanya Jawab tentang masalah hama dan penyakit pada tanaman padi yang umumnya terjadi pada lahan budidaya. Semoga bermanfaat untuk Anda dan semakin maju petani indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *