Home » Info Nasa » Makin Untung Setelah Gunakan Produk NASA

Makin Untung Setelah Gunakan Produk NASA

opini-sukses-bisnis-dan-pengguna-produk-nasa-mitranasaKesaksian Bpk. Tu Saban ( Petani Cabai-ketua Kelompok Tani )
Desa Tataleka, Kec. Jaelolo Selatan, Kab. Halmahera Barat, Maluku Utara

Hamparan tanaman cabai nampak di depan mata. Letaknya di tengah hutan sebagai lahan baru ( pembukaan lahan baru ). Team NASA mencoba menyambangi lahan itu untuk mencari informasi kesaksian pengguna produk pertanian NASA yang telah berhasil diaplikasikan pada tanaman cabai. Team NASA disambut oleh Bp. Tu Saban, pemilik lahan sekaligus seorang petani cabai dan ketua Kelompok Tani di daerahnya. ” Luas lahan yang dibuka semuanya ada 1 Ha ( 10.000 m2 ). Luas lahan yang ditanami cabai ada 2500 m2 atau 1/4 Ha. Jumlah tanaman 2500 pohon dengan jarak tanam 60 x 70 cm, dengan jenis cabai : LARIS. Pada saat ini umur tanaman sudah mencapai 79 hari dan baru melakukan pemetikan ke – 2, untuk pemetikan ke – 3 nanti saat pemanenan akan di hadiri oleh Bapak Sekda dan Bapak Kepala Dinas Pertanian Halmahera Barat, : Ujarnya mengawali pembicaraan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman cabai dirinya telah menggunakan beberapa produk NASA di antaranya, POC NASA, Hormonik, Super NASA (SPR), GLIO dan PESTONA. Cara pemakaian produk yakni 2 tutup POC NASA + 1,5 tutup PESTONA + 1,5 tutup Hormonik semuanya dilarutkan dalam 1 tangki 14 liter, dan di semprotkan 1 minggu sekali. Penggunaan Super NASA di kocorkan bersama NPK 1 minggu sekali. Pupuk makro ( NPK) sebanyak 9 kg + SPR 125 gram di campurkan air 1 drum. Sebagai catatan harga pupuk (NPK) Rp. 3500/kg. Sampai dengan umur 79 hari ini sudah menghabiskan pupuk NPK sebanyak 120 kg. ” Banyak keuntungan setelah saya menggunakanproduk NASA di antaranya : 1). Pertumbuhan tanaman lebih bagus, 2). Pertumbuhan buah juga bagus serta jumlahbuah lebih banyak, 3). Dari sisi ketinggian tanaman, tanaman cabailebih tinggi dari biasanya, ” Ungkapnya bangga. Dengan luas lahan 2500 m2 ini, dirinya mencoba berhitung, jika sudah sampai petik terakhir tanaman cabai ini akan menghasilkan 1,6 – 2 ton. Pada saat ini harga cabai Rp. 15.000/kg.

Sebagai informasi tanaman cabai yang menggunakan produk NASA tidak dilakukan pemangkasan sama sekali. Tanaman cabai di sengaja ada 8 cabang, meski begitu hasilnya sangat bagus. Biasanya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, maka harus dilakukan pemangkasan yangn semestinya. Ini tidak, namun hanya dengan 8 cabang saja hasilnya LUAR BIASA…!! apalagi kalau di pangkas cabang semakin banyak maka hasilnya akan luar biasa lagi…!! Pertumbuhan tanaman cabai yang begitu luar biasa dikarenakan nutrisi NASA dapat mensuplai kebutuhan hara yang cukup untuk tanaman cabai sehingga meski 8 cabang saja namun hasilnya sangat bagus. ” Kelompok Tani kami di sini sangat tertarik dan begitu antusias dengan produk NASA, sehingga kami akan segera memperluas lahan cabai menjadi 3,5 Ha dan akan segera menggunakan produk NASA ” , ungkap Bp. Tu Saban mengakhiri wawancaranya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *