Home » Info Nasa » Cara Menekan Angka Kematian Budidaya Ikan Lele

Cara Menekan Angka Kematian Budidaya Ikan Lele

Ternak Ikan Lele

Musim hujan yang terus mengguyur beberapa daerah di Indonesia ternyata menjadi momok bagi para petani ikan air tawar, terutama bagi para pembudidaya perikanan jenis ikan lele. Untuk itu perlu segera dilakukan antisipasi agar meningkatnya curah hujan tidak berakibat pada meningkatnya angka kematian ikan lele.

Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah dengan sering mengganti air kolam. Sebab zat asam yang terkandung dalam air hujan bisa masuk dan bercampur dengan air kolam sehingga bisa mengganggu kelangsungan hidup lele bahkan bisa berujung pada tingginya kematian ikan lele.

Setelah penggantian air kolam dilakukan, selanjutnya segera lakukan terapi air kolam dengan pemberian TON. Produk pupuk khusus perikanan TON ini sangat bermanfaat pada pembentukan ekosistem air kolam, yaitu membantu perkembangan mikroorganisme yang bermanfaat bagi lingkungan kolam dan bermanfaat bagi pertumbuhan ikan. Di mana selain berperan untuk mengikat logam berat yang terkandung dalam air, TON juga berfungsi untuk membantu mengurai senyawa kekal komplek berbahaya dan beracun, seperti H2S, amoniak, asam laktat, dsb.

Di samping itu, terapi air dengan TON berperan untuk memberikan semua jenis unsur makro dan unsur mikro lengkap untuk mempercepat pertumbuhan plankton sebagai pakan alami ikan.

Cara pemberian TON secara sederhana adalah cukup dengan cara mencampurkan 10 liter air dengan 3 sendok makan TON. Selanjutnya diaduk rata sampai terlarut dan diciprat-cipratkan ke sekitar permukaan kolam. 10 liter larutan TON ini efektif untuk kolam seluas 10 meter persegi.

Dengan terapi kolam menggunakan TON banyak para pelaku perikanan mengaku berhasil menekan angka kematian lele cukup signifikan pada saat curah hujan tinggi. Terapi air dengan TON secara rutin pada budidaya ikan lele juga akan meningkatkan produktivitas ikan dan juga membantu mempercepat masa panen lele.

Dapatkan Produk Ton Pupuk Tambak Organik Nasa Untuk ternak ikan lele Anda hanya di Mtra Nasa !!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *