Home » Tanya Jawab » Hama & Penyakit » Mengatasi Hama & Penyakit Pada Tanaman Cabe

Mengatasi Hama & Penyakit Pada Tanaman Cabe

Hama Dan Penyakit Tanaman Cabe

Pertanyaan Jawaban
Tanaman cabai yang terkena penyakit patek buah dan bercak daun minta rekomendasinya. Patek dan daun bercak karena kondisi iklim yang mendukung perkembangan jamur. Untuk antisipasinya dengan Glio di tanah dan kocor bersama 1 sdm dolomit /pokok, kurangi bahan kimia
Saya ada keluhan dari petani cabe yang menggunakan pupuk mikroba dan pestisida kimia. Tanaman cabenya sudah mulai berbuah tapi banyak sekali hama yang tidak bisa dikendalikan sehingga daunnya kuning dan kecil2. Apakah dengan pestisida dari NASA masih bisa mengatasinya, sedangkan produk kimia tidak mempan? Terus pupuk yang dipakai apa saja? Produk kimia belum tentu tepat dan bisa mengatasi hama jika produk yang dipilih bukan spesifik untuk hama. Produk NASA yang bisa untuk mengatasi permasalahan cabe yang bapak utarakan adalah PENTANA dengan dosis 6-7 tutup per tangki dengan ulangan 3 hari sekali hingga kutu tersebut hilang. Sesekali bisa bapak semprot dengan PESTONA 7-8 tutup agar menghilangkan bekas dari kutu2 tersebut.
Cabe merah daunnya keriting cara mengatasinya bagaimana? Kriting cabai merah bisa karena cuaca ekstrim dan juga karena kutu-kutuan yang menghisap cairan daun-daun pada pucuk (yang berpotensi membawa virus). Semprotkan PENTANA 4-5 tutup/tangki , 2x seminggu , + sepertiga tutup aero / tangki.
Menanggulangi tan cabe kecil yg daunnya tebal + belok ke atas (mlungker) tidak lurus melebar. Bagaimana menangulanginya? Dilihat gejalanya disebabkan oleh hama jenis kutu thrips dan tungau karena menghisap cairan tunas muda, bisa pakai PENTANA dan Metilat LEM.
Bagaimana untuk mengendalikan patek pada cabe ? Patek atau busuk buah yang disebabkan jamur Antraknose kalau dah kena sulit diatasi karena penyebaran jamur cepat sekali apalagi didukung curah hujanm drainase jelek. Ambil buah terserang dibuang dan musnahkan, kemudian semprot 1 sendok GLIO dan 1 sendok gula pasir tiap 5 hari sekali.
Cabe saya ada masalah batang layu di potong dalamnya bolong ada warna hitam apa penyakitnya dan solusinya ? Serangan jamur dan bakteri mempunyai tanda yang sangat mirip. Ada yang busuk kering dan busuk basah, sukar dibedakan dengan mata telanjang. Potong aja sebagaian batang terserang dan masukkan ke dalam gelas berisi air bening. Amati gelas bila potongan tersebut kerluar cairan keruh seperti awan berarti bakteri, apabila tetap jernih berarti jamur. Solusinya pakai Natural GLIO sejak awal tanam dan ulangi tiap minggu sekali.
Penyakit bule/daun putih pada cabe apa obatnya ? Penyakit bule disebabkan oleh virus yang namanya gemini. Virus gemini ini perkembangan sangat cepat karena ditularkan oleh vektor atau perantara yaitu kutu kebul (Bemisia tabaci). Kita kendalikan vektornya dengan Metilat LEM dan PENTANA.
Bagaimana aplikasi GLIO pada tanaman cabe, sedang pupuk kandang sudah ditebarkan dan intervalnya berapa, terima kasih. Pemakaian GLIO yang paling ideal memang dicampur dengan pupuk Kandang matang atau kompos, 1 pak GLIO 100 gr + 25-30 kg PuKan tebarkan sebelum tanam atau masukkan ke lubang tanam 1 genggam (200 gr) tetapi GLIO bias juga dikocorkan bersamaan SUPERNASA atau disemprotkan 1 sendok makan GLIO ditambag 1 sendok gula pasir tiap 1-2 minggu sekali.

Demikian Tanya Jawab masalah hama & penyakit pada tanaman cabe dan cara aplikasi produk pertanian nasa untuk pengendalian hama & penyakit pada budidaya tanaman cabe. Semoga bermanfaat untuk Anda yang menggeluti budidaya tanaman cabe.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *