Home » Info Nasa » Mengatasi Permasalahan Peternak Bebek / Itik

Mengatasi Permasalahan Peternak Bebek / Itik

Mengatasi Permasalahan Peternak Bebek

Permasalahan Peternak bebek / itik Pada Umumnya

Mitranasa.com – Dalam dunia peternakan tentunya akan kita hadapi permasalahan praktis yang selalu bermunculan, walaupun masalah yang dihadapi terkadang tampak sepele, ringan dan gampang untuk ditangani, Nah ! bagaima kalau masalah yang datang tampak besar, rumit dan bahkan menakutkan.

Untuk itu Anda sebagai peternak dituntut untuk selalu belajar dan mencari info dalam mengatasi semua permasalahan yang akan dihadapi. Dalam mencari kiat permasalahan khususnya dalam dunia perbebekan yang memang belum ada standar yang pasti  dalam pemeliharaan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya bisa dengan mencoba sendiri,  dengan bertanya kepada peternak yang sudah berpengalaman,  dengan bertanya pada para praktisi, dengan mencari rujukan kepada berbagai media buku peternakan dan media masa tentang peternakan, dan juga dengan membuka berbagai situs internet yang membahas tentang seputaran dunia unggas perbebekan / itik.

Dunia peternakan bebek / itik memang sudah lama di kenal oleh masyarakat kita, namun sayang populasi , produktivitas, dan pertumbuhannya dapat  dikatakan masih berjalan lamban. Seperti usaha lainnya, bisnis beternak bebek/itik tidak lepas dari berbagai kendala,  masalah,  dan resiko.

Permasalahan yang dihadapi dalam beternak itik antara lain:

1. Pemeliharaan masih tradisional
Pemeliharaan secara tradisional memerlukan lahan yang luas, itik yang diumbar (diangon) berpotensi mengganggu tanaman pertanian yang baru ditanam, membutuhkan tenaga kerja untuk pengembalaan, serta tingginya risiko itik terkontaminasi pestisida.

2. Sulitnya mencari bibit unggul
Pemilihan bibit yang unggul akan menghasilkan telur yang baik dalam jumlah yang banyak. Dengan itik pejantan yang unggul satu ekor itik betina dapat bertelur antara 250 sampai 300 butir telur per tahun

3. pengetahuan peternak masih rendah.
Masih rendahnya pengetahuan peternak, sehingga mereka hanya mengenal pemeliharaan itik menggunakan cara tradisional

4. Mahalnya biaya pakan.
Bahan pakan untuk itik sangat sangat tergantung musim, ditambah dengan pemberian pakan kepada itik yang harus intensif sehingga biaya untuk pakan itik cukup mahal

5. Penyakit.
Penyakit itik pada dasarnya terbagi dua yaitu : Penyakit tidak menular dan Penyakit menular

1. Penyakit Tidak Menular diantaranya adalah:

  • Strees (Cekaman)
    Penyakit ini biasanya disebabkan oleh ; kebisingan, kurang kebebasan bermain dekat air, berpindah tempat, pertukaran pakan dan lain – lain.
  • Kekurangan (defisiensi) Vitamin A
    Itik akan tampak selalu mengantuk, kondisi kaki lemah, mata tertimbun lendir warna putih dan mudah terkena infeksi.

Solusi Permasalahan Untuk Peternak Bebek

Untuk mengatasi semua hal yang sudah dibahas diatas, pada intinya peternak dituntut mengikuti perkembangan teknologi peternakan yang semakin maju baik itu dari Teknis Budidaya Bebek yang betul dan Penggunaan Teknologi Produk yang mampu mengatasi permasalahan penyakit serta mampu meningkatkan Produksi Telur Bebek dengan Kualitas dan Kuantitas yang tetap terjamin

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga Bermanfaat dan Bisa Menjadikan Peternak Bebek Semakin Maju.

Salam Sukses….

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *