Home » Info Nasa » Aplikasi Produk Nasa » Aplikasi Pupuk Organik Nasa Untuk Tanaman Kedelai

Aplikasi Pupuk Organik Nasa Untuk Tanaman Kedelai

Pupuk Organik Nasa Untuk Tanaman Kedelai

Tanaman Kedelai ( per ha )

A. PENGOLAHAN LAHAN
Siramkan pupuk POC NASA yang telah dicampur air secara merata di atas bedengan dengan dosis kurang lebih 1 botol (500 cc) POC NASA diencerkan dengan air secukupnya untuk setiap 1000 m2 (10 botol/ha). Hasil akan lebih bagus jika menggunakan SUPER NASA, cara penggunaanya sebagai berikut:

  • alternatif 1 : 1 botol Super Nasa diencerkan dalam 3 liter air dijadikan larutan induk. Kemudian setiap 50 liter air diberi 200 cc larutan induk tadi untuk menyiram bedengan.
  • alternatif 2 : Setiap 1 gembor volume 10 liter diberi 1 pres sendok makan Super Nasa untuk menyiram 5-10 meter bedengan.

B. PENANAMAN
Rendam benih dengan POC NASA dosis 2cc/liter selama 0.5 jam dan dicampur Legin ( Rhizobium ) untuk tanah yang belum pernah ditanami kedelai

C. PEMUPUKAN
Dosis pupuk yang digunakan sangat tergantung pada jenis lahan dan kondisi tanah.

Waktu Dosis Pupuk Makro (per ha)
Urea (kg) SP-36 (kg) KCL (kg)
2 minggu setelah tanam 50 40 20
6 minggu setelah tanam 30 20 40
Total 80 60 60

POC NASA diberikan 2 minggu sekali semenjak tanaman berumur 2 minggu, dengan cara disemprotkan (4-8 tutup POC NASA/tangki).

Kebutuhan total POC NASA untuk pemeliharaan 1-2 botol per 1000 m2 ( 10-20 botol/ha ). Akan lebih bagus jika penggunaan POC NASA ditambahkan Hormonik ( 3-4 tutup POC NASA + 1 tutup HORMONIK/tangki ). Pada saat tanaman berbunga tidak dilakukan penyemprotan, karena dapat mengganggu penyerbukan.

Demikian cara aplikasi pupuk organik nasa untuk meningkatkan hasil panen pada budidaya tanaman kedelai.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *