Home » Tanya Jawab » Pupuk & Budidaya » Panduan Tanya Jawab Budidaya Tanaman

Panduan Tanya Jawab Budidaya Tanaman

Tanya Jawab Budidaya Tanaman

Tanya Jawab Tentang :

  • Budidaya Tanaman Cengkeh
  • Budidaya Tanaman Kopi
  • Budidaya Tanaman Coklat
  • Budidaya Tanaman Buah Mangga
  • Budidaya Tanaman Buah Durian
  • Budidaya Tanaman Buah Mangga
Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara pemupukan mangga yang udah berumur 7 tahun tidak dipelihara, supaya buahnya banyak? Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah memangkas daun (pangkas bentuk pohon) agar bisa berbentuk baik dan bercabang produksi lebih banyak. Kedua lakukan pemupukan dengan Dolomit 0,25 kg bisa dengan cara dikocorkan atau ditaburkan di piringan. Kemudian setelah 15 hari bisa kita pupuk dengan NPK 0,25 kg + produk NASA , kami sarankan dengan POWER NUTRITION 3 sdm . Kemudian penyiraman yang cukup agar tanaman bisa menyerap pupuk yang kita berikan. Ulangi lagi 2 bulan kedepan (tanpa dolomit) , dengan tercukupinya unsur hara, hormon dan air, semoga pohon buah bapak bisa cepat berbuah.
Kami punya mangga dan sudah 2x berbunga, tetapi setiap berbunga, selalu rontok, tidak pernah menjadi buah..kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana solusinya ? Rontoknya bunga / buah pada mangga bisa karena kurang hormon, kurang unsur kalium , kekeringan , atau hama penyakit. Gunakan POWER NUTRITION rutin 2-3 sdm + NPK 2-3 sdm per aplikasi, 1-2 bulan danjangan sampai kekeringan, dan pencegahan hama penyakit terutama penggerekbatang dan buah dengan BVR.
Kalau POWER dicairkan apa bisa disemprotkan pada tanaman coklat pak? Untuk menyemprot lewat daun kita sudah ada POC NASA dan HORMONIK, meskipun POWER bisa juga disemprotkan dengan konsentrasi rendah, namun untuk ketepatan sasaran dan cara kerjanya kami sarankan kocor atau tabur saja ke tanah.
Apakah tanaman cengkeh bisa panen diluar musim kalau pakai POC NASA , SUPERNASA, dan HORMONIK, dan bagaimana caranya? Untuk tanaman cengkeh membutuhkan syarat terutama iklim selain syarat-syarat lain yang juga tidak kalah penting. Produk NASA mampu mencukupi sebagian syarat-syarat tadi (terutama unsure hara Mikro, Hormon ,dan AS, organic tanah), namun untuk syarat yang lain seperti ketinggian tempat, air, bunsur makro juga harus dicukupi agar cengkeh bisa berbuah diluar musim. Namun setidaknya dengan menggunakan produk NASA mampu meningkatkan produksi cengkeh, sehingga mampu memberikan keuntungan lebih tinggi bagi petani.Caranya dengan menggunakan pupuk NASA dengan rutin, dan penyiraman yang cukup sehingga faktor intern dalam tanaman itu sendiri tidak menjadi factor penghambat lagi untuk berbuah (bahkan di luar musim) jika syarat yang lain sudah tercukupi.
Untuk perkebunan coklat, sebaiknya 1 botol Hormonik untuk berapa pohon, dan bagaimana aplikasinya. Kebutuhan Hormonik untuk 1 hektar Kakao (asumsi 1 hektar 300-400 pokok) kurang lebih 400 ml (4 ) botol atau 1 botol HORMONIK untuk 75-100 batang kakao dengan cara dikocorkan disekitar pokok (jarak 1-2 meter dr batang)
Pupuk buah (POWER NUTRITION) 500 gr untuk berapa meter ? pak? Untuk tanaman buah semusim bisa untuk 1000 m?, untuk tanaman buah tahunan bisa dilihat di label produk , karena tergantung ukuran diameter batangnya, namun kira? berkisar 30-50 gram atau (3-5 sdm) per batang.
SUPERNASA , POC + KCl dilarutkan dalam air untuk disiramkan disekitar pohon untuk tanaman kopi, lada, coklat dsb bisa tidak? Bisa dan memang efisiensi pemupukan akan lebih tinggi dan berhasil jika dalam pemupukan juga memperhatikan kadar air tanah/ kelembaban tanah.KCl memang diperlukan untuk memperkuat buah dan kualitas buah sehingga akan menghasilkan produk yang lebih baik.
Apa sebabnya tanaman saya setelah saya pupuk pakai NASA kok malah buahnya pada hitam dan masih muda pada rontok? Dosis yang saya pakai POC NASA 3 tutup HORMONIK 2 tutup SUPERNASA 3 sdm, dan NPK 1 gelas VIT per tangki. Mohon Penjelasan. Jawab I :
NPK 1 gelas VIT/ tangki penyebab daun dan buah terbakar, hitam dan rontok. POC dan SPRN dan HOR, masih dalam batas layak meski SPRN tidak untuk disemprotkan.
Pertanyaan II
Tetapi Campuran itu tidak saya semprotkan ke daun tetapi saya kocorkan ke tanah .
Jawab II:
Betul Pak , itu yang namanya plasmolisis yaitu karena perbedaan konsentrasi cairan sel dengan pupuk sehingga cairan sel tanaman terserap, dan kering. Terjadi jika dosis pupuk terlalu tinggi dan kondisi tanah kurang air.
Berapa liter dosis campuran air maksimal untuk 1 botol SUPERNASA dan POWER? Air adalah pelarut, yang penting dosis per pokok tidak kurang.Semakin banyak air sebagai pelarut justru akan mempercepat penyerapan unsur unsur yang dibutuhkan tanaman. Untuk dosis tanaman keras (baik SUPERNASA ataupun POWER NUTRITION ) adalah 3.5 ? 5 kg per hektar per 4-6 bulan sekali.
Bagaimana pemupukan yang efisien dan efektif pada tanaman kopi yang masih produktif, agar untung bertambah? Gunakan PWR NUTR 3,5 ? 5 kg per hektar per 4-6 bulan sekali, lakukan pemangkasan bentuk, dan penyemprotan POC NASA dan Hormonik 2-3 bulan sekali. Menjaga kebutuhan air tanaman pada saat kering agar bisa tercukupi.
Produk NASA apa saja yang efektif untuk memacu buah naga dan aplikasinya. Bapak bisa menggunakan Powernutrition rutin per 3-4 bulan sekali, dengan dosis 1 sdm per 5-10 liter air dan dikocorkan merata per tiang ( 4 tanaman) bersama NPK yang biasa bapak gunakan yang kandungan P lebih tinggi, dan untuk memacu pertumbuhan tunas dan bunga bisa menyemprotkan POC NASA 3-5 ttp dan HORMONIK 1-2 tutup per tangki 14 liter 1-2 bulan sekali.
Berapa jarak optimal tanaman kakao? Dan Biomikro prod CNI lbh bagus mana dengan prod NASA? Jarak kakao bisa 2,5×2,5m,3,5×3,5, dan 4×4 m. Semakin subur tanah jarak tanam semakin lebar. Pupuk asal dari bakteri kelemahannya: tidak scr langsung memberikan nutrisi karena hanya hasil kerja mikrobianya yang dimanfaatkan tnm,jika disimpan lama akan mati, tidak selalu cocok dengan tanah aplikasi , akan mati jika terkena bahan kimia.
Produk NASA adalah berbahan baku organic dari sisa makhluk hidup, nutrisinya bisa diserap langsung tanaman, menyuburkan tanah dan mengandung Hormon, cocok untuk segala mcm tanah, bisa disimpan lama.
Sy mau Tanya mengenai pupuk yang digunakan dan cara aplikasinya di tanaman durian dan pete. Pakai pwr nutr 30-50 gr/pkk (3-4×1 thn) + npk 200 gr per pkk (umur 5 thn keatas), setahun 2-3 kali. Waktu bunga jangan sampai kekeringan dan berikan KCl agar buah dan bunga tdk rontok.
Tanaman kakao : 1). Subur daunnya tidak berbuah, 2) Buah yang ada terkena bintik hitam dan buah mengeras. Gmn solusinya? Kakao bisa karena terlalu rindang atau terlalu banyak naungan atau karena jarak tanam yang terlalu rapat, sehingga perlu dikurangi dan dilakukan pemangkasan bentuk.
Kakao terserang hama penggerek buah kakao : Perlu dilakukan teknis pengendalian dengan PsPSP = Panen sering, Pemangkasan, Sanitasi, Pemupukan ( dengan pupuk yang cukup, lengkap = Makro/NPK dan Mikro dengan NASA/POWERNUTRITION.
Apakah dalam aplikasinya POWER NUTRITION bisa dicampur dengan pupuk makro/pupuk kimia? POWER NUTRITION / produk pupuk dari NASA mengandung unsur mikro, sedangkan untuk kebutuhan tanaman juga membutuhkan pupuk makro, sehingga dalam aplikasi produk NASA sangat disarankan Bapak masih tetap menggunakan pupuk makro/kimia

Demikian panduan tanya jawab budidaya tanaman dan panduan aplikasi Produk Nasa semoga bermanfaat bagi Anda. Salam Mitra Nasa !!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *