Home » Kesaksian » Teknik Sukses Pembenihan – Pembesaran Lele NASA

Teknik Sukses Pembenihan – Pembesaran Lele NASA

Video

Kesaksian pengguna produk nasa untuk pembenihan dan pembesaran ikan lele milik Bpk. Edi Martanto yang beralamat di Kel. Sukaten Kec. Mangunharjo Kojo Kodya Madiun.

Proses Pembenihan Ikan Lele

Sebelum dimasukan induk ikan lele ke dalam kolam pembenihan, air kolam harus memiliki ketinggian 50 cm setelah itu kolam pembenihan diberi POC NASA 1 tutup untuk menumbuhkan pakan alami dan menjaga kesetabilan air kolam.

Pemberian Pakan Bibit Lele

Bibit lele diberi pakan udang yang dicampur POC NASA dengan dosis 1 cc/kg pakan dengan cara disemprotkan ke pakan dan aduk secara merata dan supaya lebih meresap.

Bibit siap di panen setelah bibit lele mencapai ukuran 3 cm. Sebelum menggunakan POC Nasa paling cepat umur 30 hari bibit bisa di panen setelah menggunakan POC Nasa umur 22-23 hari sudah bisa di panen. Menunjukan bahwa dengan tambahan pupuk organik POC NASA mampu mempercepat proses pertumbuhan bibit lele.

Proses Pembesaran Ikan Lele

Sebelum kolam diberi TON ( pupuk tambak organik Nasa ) dilakukan pembersihan air, pengangkatan lumpur hitam dan pengeringan kolam. Tujuan pengangkatan lumpur hitam untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti: Virus, Racun, dan segala macam yang merugikan ikan lele.

Penggunaan TON pada dasar kolam untuk menetralkan zat-zat berbahaya pada kolam serta menumbuhkan plankton ( pakan alami ikan ).

Cara Aplikasi TON pada Tambak

Ambil Ton dengan dosis 7 gr ( 1 sdm ) per 5-10 liter air untuk kolam berukuran 10×10 m, kemudian masukan larutan tersebut kedalam tangki semprot yang sudah di isi air sebelumnya dan di semprotkan pada dasar kolam serta tepian kolam secara merata dengan ketentuan kondisi tambak sudah dibersihkan dan kondisi tambak dalam keadaan kering.

Untuk terapi air kolam pemberian TON dengan dosis 1 sdm/10 lt air dengan cara dipercikan ke kolam. Dengan terapi air kolam dengan TON warna air nampak hijau cerah pertanda banyak terbentuk pakan alami bagi ikan berupa plankton.

Pakan Pembesaran ikan lele dicampur POC NASA dengan dosis 2 cc/kg pakan. Setelah menggunakan TON dan POC NASA ikan cenderung lebih aktif mengkonsumsi pakan dibandingkan yang tidak diberikan tambahan TON dan POC NASA.

Sebelum menggunakan TON dan POC NASA

  • Panen usia 74 hari
  • Ukuran 1 kg isi 11

Setelah menggunakan TON dan POC NASA

  • Panen usia 57 hari
  • Ukuran 1 kg isi 6-8

Penggunaan POC NASA dan TON mampu meningkatkan kualitas lele:

  • Daging lebih padat dan keras
  • lemak lebih sedikit
  • Dimasak tidak menyusut
  • Kepala lebih kecil tetapi badan lebih besar

Demikian Video Pembenihan dan Pembesaran Lele dengan Produk Organik Nasa semoga menginspirasi peternak lele lain dalam meningkatkat kualitas serta mempercepat hasil panen ikan lele.

Salam Sukses…Mitra Nasa..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *